What is love for me

Those laugh we have together

Those secrets we share

Those promises we made in hearts

Those days you wait to meet

Those million sorry we say

Those messages in the inbox that i read everyday

Those tears when i miss you

Those moment when you say to me i love you.

 

Penghapus dan Pensil (Renungan)

=> Si Penghapus adalah Orang Tua
kita…
=> Si Pensil adalah diri kita sendiri….
Pensil : “Maafkan aku Penghapus…”
Penghapus : “Maafkan aku???
untuk apa Pensil???
Kamu tidak melakukan kesalahan
apapun kepadaku…”
Pensil : “Aku minta maaf karena aku
telah membuatmu terluka. Setiap
kali aku melakukan kesalahan, kamu
selalu berada disana untuk
menghapusnya. Namun setiap kali
kamu membuat kesalahanku lenyap,
kamu kehilangan sebagian dari
dirimu. Kamu akan menjadi semakin
kecil dan kecil setiap saat…”
Penghapus : “Hal itu memang
benar… Namun aku sama sekali
tidak merasa keberatan. Kau lihat,
aku memang tercipta untuk
melakukan hal itu. Diriku tercipta
untuk selalu membantumu setiap
saat kau melakukan kesalahan.
Walaupun suatu hari, aku tahu
bahwa aku akan pergi dan kau akan
mengganti diriku dengan yang baru.
Walaupun suatu hari, aku tahu
bahwa aku akan pergi dan kau akan
mengganti diriku dengan yang baru.
Aku sungguh bahagia dengan
peranku. Jadi tolonglah, kau tak
perlu khawatir. Aku tidak suka
melihat dirimu bersedih…”
RENUNGAN :
Orang tua akan selalu ada untuk
anak-anaknya…
Untuk memperbaiki kesalahan anak-
anaknya…
Namun, terkadang, seiring
berjalannya waktu…
Orang tua akan terluka dan akan
menjadi semakin kecil…
( Bertambah tua dan akhirnya
meninggal ).
Walaupun anak-anak mereka pada
akhirnya akan menemukan
seseorang yang baru (Suami atau
Istri),
Namun orang tua akan selalu tetap
merasa bahagia atas apa yang
mereka lakukan terhadap anak-
anaknya
dan akan selalu merasa tidak suka
bila melihat buah hati tercinta
mereka merasa khawatir ataupun
sedih.
“HINGGA SAAT INI”….
Kita masih menjadi Si PENSIL!…
Hal itu sangat menyakitkan diri
Kita…
Melihat si penghapus atau orang
tua Kita semakin bertambah “Kecil”
dan “Kecil” seiring
berjalannya waktu.
KELAK SUATU HARI…
Yang tertinggal hanyalah “SERUTAN”
PENGHAPUS ( ORANG TUA KITA )
HANYALAH Segala KENANGAN yang
pernah Kita lalui dan miliki
bersama mereka…”

Surat Bayi Kecil Yang Di Aborsi

Dear Bunda…
Bagaimana kabar bunda hari ini? Semoga bunda baik-baik saja… Nanda juga di sini baik-baik saja bunda… Allah sayang banget sama nanda.Allah juga yang menyuruh nanda menulis surat
ini untuk bunda, sebagai bukti cinta nanda sama bunda. Bunda, ingin sekali nanda menyapa perempuan yang telah merelakan rahimnya untuk nanda diami walaupun hanya sesaat…
Bunda, sebenarnya nanda ingin lebih lama
berada di rahim bunda, ruang yang kata Allah paling kokoh dan paling aman di dunia ini. Tapi rupanya bunda tidak menginginkan kehadiran
nanda, jadi sebagai anak yang baik, nanda pun rela menukarkan kehidupan nanda demi kenyamanan bunda. Walaupun dulu, waktu
bunda mengeluarkan nanda dengan paksa, sakiiiit … banget bunda, badan nanda rasanya
seperti tercabik-cabik dan keluar sebagai
gumpalan darah yang menjijikan apalagi hati nanda, nyeri, merasa seperti aib yang tidak dihargai dan tidak diinginkan.
Tapi nanda tidak kecewa kok bunda… karena dengan begitu, bunda telah mengantarkan nanda untuk bertemu dan dijaga oleh Allah bahkan nanda dirawat dengan penuh kasih sayang di dalam syurga Nya.
Bunda, nanda mau cerita. Dulu nanda pernah menangis dan bertanya kepada Allah, mengapa bunda mengeluarkan nanda saat nanda masih
berupa wujud yang belum sempurna dan
membiarkan nanda sendirian di sini? Apa bunda tidak sayang sama nanda? Bunda tidak ingin mencium nanda? Atau jangan-jangan karena nanti nanda rewel dan suka mengompol
sembarangan? Lalu Allah bilang:
“Bunda kamu malu sayang …” kenapa bunda malu? “Karena dia takut kamu dilahirkan sebagai anak haram…” Anak haram itu apa ya
Allah? “Anak haram itu anak yang dilahirkan tanpa ayah.” Nanda bingung dan bertanya lagi
sama Allah. Ya Allah, bukannya setiap anak itu pasti punya ayah dan ibu? Kecuali Nabi Adam
dan Isa? Allah yang Maha Tahu menjawab bahwa bunda dan ayah memproses nanda
bukan dalam ikatan pernikahan yang sah.
Nanda semakin bingung dan akhirnya nanda putuskan untuk diam.
Bunda, nanda malu terus-terusan nanya sama Allah, walaupun Dia selalu menjawab semua pertanyaan nanda tapi nanda mau nanyanya
sama bunda aja ya. Pernikahan itu apa sih? Kenapa bunda tidak menikah saja dengan ayah? Kenapa bunda membuat nanda jadi anak haram dan mengapa bunda mengusir nanda
dari rahim bunda dan tidak memberi kesempatan nanda hidup di dunia dan berbakti kepada bunda? Maaf ya bunda, nanda bawel banget… nanti saja, nanda tanyakan bunda
kalau kita ketemu.
Oh ya Bunda, suatu hari malaikat pernah
mengajak jalan-jalan nanda ke tempat yang katanya bernama neraka. Tempat itu sangat
menyeramkan, mengerikan dan sangat jauh berbeda dengan tempat tinggal nanda di surga. Di situ banyak orang yang dibakar pake api bunda … minumnya juga pake nanah dan makannya buah-buahan aneh yang bau
busuk, banyak durinya … yang paling parah, ada perempuan yang ditusuk dan dibakar kaya sate gitu, ngeri banget bunda. Lagi ngeri-ngerinya, tiba-tiba malaikat bilang sama nanda. Nak, kalau bunda dan ayahmu tidak bertaubat kelak, di situlah tempatnya …di neraka itulah orang yang berzina akan
tinggal dan disiksa selamanya. Seketika itu nanda menangis dan berteriak-teriak memohon agar bunda dan ayah jangan dimasukkan ke situ…. nanda sayang bunda… nanda kangen
dan ingin bertemu bunda… nanda ingin
merasakan lembutnya belaian tangan bunda dan nanda ingin kita tinggal bersama di surga… nanda takut, bunda dan ayah kesakitan seperti orang-orang itu… Lalu, dengan lembut malaikat berkata… Nak, kata Allah kalau kamu sayang, mau bertemu dan ingin ayah bundamu tinggal di surga bersamamu, tulislah surat untuk mereka…sampaikan berita baik bahwa kamu tinggal di
surga dan ingin mereka ikut, ajaklah mereka bertaubat dan sampaikan juga kabar buruk, bahwa jika mereka tidak bertaubat mereka akan disiksa di neraka seperti orang-orang itu. Saat mendengar itu, segera saja nanda
menulis surat ini untuk bunda. Menurut
nanda, Allah itu baik banget bunda…. Allah akan memaafkan semua kesalahan makhluk-Nya asal mereka mau bertaubat nasuha, taubat yang sungguh-sungguh. Bunda taubat ya? Ajak ayah juga, nanti biar kita bisa kumpul
bareng di sini… Nanti nanda jemput bunda dan ayah di padang Mahsyar deh… nanda janji mau bawain minuman dan payung buat ayah dan bunda, soalnya kata Allah di sana panas
sekali bunda… antriannya juga panjaang, menyiksa dan peluh keringat bercucuran. Semua orang sejak jaman nabi Adam kumpul
disitu… tapi bunda jangan khawatir Allah janji, kalo bunda dan ayah benar-benar bertaubat dan jadi orang yang baik, pastinanda bisa ketemu kalian.
Bunda, kasih kesempatan buat nanda ya…. biar nanda bisa merasakan nikmatnya bertemu dan berbakti kepada orang tua, nanda juga mohon banget sama bunda…jangan sampai
adik-adik nanda mengalami nasib yang sama dengan nanda, biarlah nanda saja yang merasakan sakitnya ketersia-siaan itu. Tolong ya bunda, kasih adik-adik kesempatan untuk hidup di dunia menemani dan merawat bunda
saat bunda tua kelak. Sudah dulu ya bunda… nanda mau main-main
dulu di surga…. nanda tunggu kedatangan ayah dan bunda di sini… nanda sayang banget
sama bunda…. muach!
Salam
Nanda

“Suatu pagi seorang
anak gadis berkata
pada Ibunya:
“Ibu, ibu selalu
terlihat cantik. Aku
ingin seperti ibu,
beritahu aku
caranya..”
Degan tatapan lembut &
senyum haru, sang
Ibu menjawab :
Anakku,
“Untuk Bibir yg menarik,ucapkanlah perkataanbyg baik”
“Untuk pipi yg lesung,tebarkanlah senyum ikhlas kpd siapapun”
“Untuk mata yg indah menawan, lihatlah selalu kebaikan org lain”…
“Untuk tubuh yg langsing,
sisihkanlah makanan untuk fakir miskin”
“Untuk jemari tangan yg lentik menawan, hitunglah kebajikan yg
telah diperbuatkn org
kepadamu.”
“Untuk wajah putih bercahaya bersihkanlah kotoran batin”
Anakku..
Janganlah sombong akan kecantikan fisik karena itu akan pudar oleh waktu.
Tapi Kecantikan perilaku tdk akan
pudar walau oleh kematian..
Jika kita benar, maka kita tdk perlu marah. Jika kita salah, maka kita wajib minta maaf.Janganlah terlalu  mengingat masa lalu,karena hal itu akan membawa AIR MATA.Jangan juga terlalu memikirkan masa depan, krn hal itu akan
membawa KETAKUTAN.
Jalankan yg saat ini dengan senyuman &
rasa syukur krn hal itu akan membawa
keceriaan & sukacita ðïhati.
Setiap ujian dlm hidup
ini bisa membuat kita
PEDIH atau lebih BAIK.
Setiap masalah yg timbul bisa
MENGUATKAN atau MENGHANCURKAN hati
kita. Pilihan ada ðï tangan
kita apakah kita akan
memilih menjadi pecundang atau
pemenang. Hal-hal yg indah tdk
selalu baik, tapi hal-halyg baik akan selalu
indah…

Pesan Dari Cinta Seorang Ibu Untuk Anaknya

    Dulu, ketika aku menikah, tidak pernah
berpikir punya anak seperti apa, gimana
jaganya, biayainya sekolah hingga lulus
kuliah nanti… tapi kujalankan saja…
Ketika melahirkan dirinya, hampir diriku
menyerah, tapi demi melihatnya lahir ke dunia
ini, tumbuh besar dan menjadi anak yang
berguna, aku terus berjuang, walaupun
harus berkorban diri ini demi kehadiran dirinya
di dunia ini…
Dia telah lahir ke dunia ini, pertama kali
melihatnya, ada perasaan bergejolak di
diriku, aku terharu dan bangga sekali bisa
membawanya ke dunia ini, aku berjanji,
apapun yang terjadi, gimanapun susahnya
hidup ini, anak ini harus kubesarkan dengan
kedua tanganku…
Tidak mudah untuk membesarkan dirinya, dia
bandel sekali ketika kecil, suka bermain lupa
waktu, berteman dengan anak-anak nakal,
tidak mau makan, susah disuruh mandi,
susah dibujuk tidur waktu malam hari,
kadang dia marah dan bentak padaku,
kadang dia mengejekku, kadang juga dia
menghinaku…
Ketika besar, dia merasa diriku terlalu
membatasi dirinya, ini tidak boleh, itu tidak
boleh, dia juga merasa aku terlalu kolot,
ketinggalan jaman, tidak mengerti apa
maunya, tidak setuju terhadap setiap
kelakuannya…
Kadang sakit hati sekali diriku ini, tapi ingat
ketika pertama kali menggendongnya, ketika
melahirkannya, semua sakit ini hilang
seketika… dia adalah anakku, anak
kesayanganku…
Aku telah berjanji akan membesar dirinya,
apapun yang terjadi, rintangan apapun yang
kuhadapi, karena dia anakku… Harapanku
besar kelak dia bisa menjadi anak yang
berguna… Aku cinta padamu, anakku…
kau lah, yang memberikan kekuatan pada
diriku, membuatku mau bekerja keras pagi-
siang-sore-malam, tidak takut akan sakit,
derita.. Karena kehadiran dirimu lah membuat
diriku ada artinya, bisa membesarkan dirimu
dan mendengarkanmu memanggilku IBU,
sungguh senang rasanya hati ini…
Aku tidak berharap banyak, hanya suatu
saat, ketika dirimu sudah besar, kamu dapat
menjadi anak yang baik, bisa hidup yang
enak. Ibu mungkin sudah tua, tidak bisa
hidup lama lagi, badanku ini sekarat, kerutan
muka sudah banyak, perjalananku tidak lama
lagi.
, jika kamu bekerja keras, tidak perlu sampai
memberikan rumah yang bagus, uang yang
banyak, semuanya itu untuk dirimu saja. Ibu
hanya berharap kamu mau menyisihkan
sedikit waktumu untuk menemani masa-
masa tua ibu, bisa disamping ibu dan ngobrol
dengan ibu, itu sudah lebih dari cukup…
Ibu Bangga denganmu, nak, mungkin tidak
pernah terucap lewat kata, tapi ini ibu
rasakan dari lubuk hati yang dalam… Maafkan
jika selama ini ibu pernah marah denganmu,
memukulimu, melarangmu ini itu, semua ini
demi kebaikanmu, nak…
Ibu Cinta padamu… dari dulu, sekarang, dan
selamanya…”

YANG TIDAK BISA DIUCAPKAN PAPA

Biasanya, bagi seorang anak perempuan yang sudah dewasa, yang sedang bekerja diperantauan, yang ikut suaminya merantau di luar kota atau luar negeri,yang sedang bersekolah atau kuliah jauh dari kedua orang tuanya…Akan sering merasa kangen sekali dengan Mamanya. Lalu bagaimana dengan Papa? Mungkin karena Mama lebih sering menelepon untuk menanyakan keadaanmu setiap hari, tapi tahukah kamu, jika ternyata Papa-lah yang mengingatkan Mama untuk menelponmu? Mungkin dulu sewaktu kamu kecil, Mama-lah yang lebih sering mengajakmu bercerita atau berdongeng, tapi tahukah kamu, bahwa sepulang Papa bekerja dan dengan wajah lelah Papa selalu menanyakan pada Mama tentang kabarmu dan apa yang kau lakukan seharian? Pada saat dirimu masih seorang anak perempuan kecil. Papa biasanya mengajari putri kecilnya naik sepeda.Dan setelah Papa mengganggapmu bisa, Papa akan melepaskan roda bantu di sepedamu. Kemudian Mama bilang : “Jangan dulu Papa, jangan dilepas dulu roda bantunya”, Mama takut putri manisnya terjatuh lalu terluka…. Tapi sadarkah kamu?Bahwa Papa dengan yakin akan membiarkanmu, menatapmu, dan menjagamu mengayuh sepeda dengan seksama karena dia tahu putri kecilnya PASTI BISA. Pada saat kamu menangis merengek meminta boneka atau mainan yang baru, Mama menatapmu iba. Tetapi Papa akan mengatakan dengan tegas : “Boleh, kita beli nanti, tapi tidak sekarang” Tahukah kamu, Papa melakukan itu karena Papa tidak ingin kamu menjadi anak yang manja dengan semua tuntutan yang selalu dapat dipenuhi? Saat km sakit pilek, Papa yg terlalu khawatir sampai kdng sedikit membentak dgn berkata : “Sudah di bilang! kamu jangan minum air dingin!”. Berbeda dengan Mama yang memperhatikan dan menasihatimu dengan lembut.Ketahuilah, saat itu Papa benar-benar mengkhawatirkan keadaanmu. Ketika km sudah beranjak remaja..Km mulai menuntut pada Papa utk dpt izin keluar mlm, dan Papa bersikap tegas & mengatakan: “Tidak boleh!”. Tahukah kamu, bahwa Papa melakukan itu untuk menjagamu?Karena bagi Papa, kamu adalah sesuatu yang sangat – sangat luar biasa berharga. Setelah itu kamu marah pada Papa, dan masuk ke kamar sambil membanting pintu. Dan yang datang mengetok pintu dan membujukmu agar tidak marah adalah Mama.Tahukah kamu,bahwa saat itu Papa memejamkan matanya dan menahan gejolak dalam batinnya, Bahwa Papa sangat ingin mengikuti keinginanmu, Tapi lagi-lagi dia HARUS menjagamu? Ketika saat seorang cowok mulai sering menelponmu, atau bahkan datang ke rumah untuk menemuimu,Papa akan memasang wajah paling cool sedunia Papa sesekali menguping atau mengintip saat kamu sedang ngobrol berdua di ruang tamu..Sadarkah kamu, kalau hati Papa merasa cemburu? Saat km mulai lbh dipercaya, dan Papa melonggarkan sedikit peraturan utk keluar rumah untukmu, km akan memaksa untuk melanggar jam malamnya. Maka yang dilakukan Papa adalah duduk di ruang tamu, dan menunggumu pulang dengan hati yang sangat khawatir. Dan setelah perasaan khawatir itu berlarut – larut.Ketika melihat putri kecilnya pulang larut malam hati Papa akn mengeras & Papa memarahimu Sadarkah kamu, bahwa ini karena hal yg di sangat ditakuti Papa akan segera datang? “Bahwa putri kecilnya akan segera pergi meninggalkan Papa. Setelah lulus SMA, Papa akan sedikit memaksamu utk menjadi seorang Dokter atau Insinyur. Ketahuilah, bahwa seluruh paksaan yg dilakukan Papa itu semata2 hanya krn memikirkan masa depanmu nanti.Tapi toh Papa ttp tersenyum & mendukungmu saat pilihanmu tidak sesuai dgn keinginan Papa Ketika kamu menjadi gadis dewasa.Dan kamu harus pergi kuliah dikota lain.Papa harus melepasmu di bandara. Tahukah kamu bahwa badan Papa terasa kaku untuk memelukmu? Papa hanya tersenyum sambil memberi nasehat ini – itu, dan menyuruhmu untuk berhati-hati. Padahal Papa ingin sekali menangis seperti Mama dan memelukmu erat-erat.Yang Papa lakukan hanya menghapus sedikit air mata di sudut matanya dan menepuk pundakmu berkata “Jaga dirimu baik-baik ya sayang”.Papa melakukan itu semua agar kamu KUAT. kuat untuk pergi dan menjadi dewasa. Disaat kamu butuh uang untuk membiayai uang semester dan kehidupanmu, orang pertama yang mengerutkan kening adalah Papa. Papa pasti berusaha keras mencari jalan agar anaknya bisa merasa sama dengan teman-temannya yang lain.Ketika permintaanmu bukan lagi sekedar meminta boneka baru, dan Papa tahu ia tidak bisa memberikan yang kamu inginkan…Kata-kata yang keluar dari mulut Papa adalah “Tidak…. Tidak bisa!” Padahal dalam batin Papa, Ia sangat ingin mengatakan “Iya sayang, nanti Papa belikan untukmu”. Tahukah kamu bahwa pada saat itu Papa merasa gagal membuat anaknya tersenyum? Saatnya kamu diwisuda sebagai seorang sarjana. Papa adalah orang pertama yang berdiri & memberi tepuk tangan untukmu.Papa akan tersenyum dengan bangga dan puas melihat “putri kecilnya yg tidak manja berhasil tumbuh dewasa, dan telah menjadi seseorang” Sampai saat seorang teman Lelakimu datang ke rumah dan meminta izin pd Papa utk mengambilmu darinya.Papa akan sangat berhati2 memberikan izin..Krn Papa tahu..Bahwa lelaki itulah yg akan menggantikan posisinya nanti. Dan akhirnya….Saat Papa melihatmu duduk di Panggung Pelaminan bersama seseorang Lelaki yang di anggapnya pantas menggantikannya, Papa pun tersenyum bahagia..Apakah kamu mengetahui, di hari yang bahagia itu Papa pergi kebelakang panggung sebentar dan menangis?Papa menangis karena papa sangat berbahagia, kemudian Papa berdoa….Dalam lirih doanya kepada Tuhan, Papa berkata: “Ya Tuhan tugasku telah selesai dengan baik….Putri kecilku yang lucu dan kucintai telah menjadi wanita yang cantik… Bahagiakanlah ia bersama suaminya…” Setelah itu Papa hanya bisa menunggu kedatanganmu bersama cucu2nya yg sesekali datang untuk menjenguk. Dgn rambut yg telah & semakin memutih & badan serta lengan yang tak lagi kuat untuk menjagamu dari bahaya.Papa telah menyelesaikan tugasnya. Papa, Ayah, Bapak, atau Abah kita…Adalah sosok yang harus selalu terlihat kuat…Bahkan ketika dia tidak kuat untuk tidak menangis Dia harus terlihat tegas bahkan saat dia ingin memanjakanmu.Dan dia adlh yg orang pertama yang selalu yakin bahwa “KAMU BISA” dlm segala hal.
~SEKIAN~

Gitaris Accoustic Sungha Jung In Bandung :3

 

 


Press Conference

Sabtu, 17 November 2012 adalah hari yang cukup panas ketika acara Press Conference “Sungha Jung Live in Bandung” diadakan. Bertempat di halaman belakang Siete Café, tepat pada pukul 14.00 WIB jumpa pers kemudian dimulai.

Acara diawali dengan sambutan dari pemilik Siete Café, Aji, sebagai salah satu partner Mahana Live dalam konser di Bandung kali ini. Dibalik latar belakang Mahana Live yang terbentuk atas prakarsa sejumlah anakmuda, Aji menyatakan antusias bekerjasama dengan pihak promotor karena ia sendiri ingin memajukan bisnis anak muda. “Ini juga sebagai bentuk saling support kami dalam acara-acara anak muda,” jelasnya. Setelah itu, Ridho dari perwakilan Mahana Live unjuk suara. Ia menjelaskan bahwa Mahana Live adalah sebuah perusahaan yang berdiri sebagai promotor musik anak muda kreatif Bandung. Sebagai bagian dari promotor yang masih terbilang baru, ia mengutarakan harapannya untuk dapat tetap eksis di kalangan industri musik, dengan tetap menampilkan musisi yang berkualitas kepada para penikmat musik.

Disini, diterangkan juga beberapa alasan atas pengundanganSungha Jung ke Indonesia. Selain dari pihak pribadi yang memang mengidolakan Sungha dan alasan lain seperti Korean Wave yang sedang melanda dunia, secara musikalitas Sungha memang sudah tidak diragukan lagi. Akan sangat sayang jika tidak mengangkat sang gitaris untuk lebih dikenal di tanah air karena talentanya yang tinggi tersebut.

Sesi berikutnya adalah pernyataan dari Sungha Jung yang telah lama ditunggu. Dengan bahasa Inggris yang cukup fasih, ia menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh MC. “Disini cukup panas. Tetapi penonton konser kemarin sangat luar biasa. I really love it,” jawabnya ketika ditanya mengenai kesan pertama tentang Indonesia dan konsernya di Jakarta sehari yang lalu.

Adakah keinginan untuk kembali kesini suatu hari nanti? Dengan tanggap ia berkata, “Tentu. Setelah tur berakhir, saya sangat ingin datang lagi ke Indonesia.”. Ia sendiri mengungkapkan sangat senang dengan fansnya di Indonesia. “Tiap negara memiliki tipe fans yang berbeda. Fans di Indonesia sangat antusias dengan saya. Mereka selalu berteriak setiap saya bermain, dan saya sangat suka itu,” jelas gitaris muda yang telah berkunjung ke 20 negara yang berbeda di umurnya yang masih belia ini.

Saat ditanya tentang konsernya besok, Minggu, 18 November 2012, ia mengatakan akan membawa 18 buah lagu. “Beberapa K-Pop, beberapa pop barat, dan sisanya adalah lagu original.” Sebagai penutup dari sesi ini, ia berpesan kepada para media yang hadir, “Thank you for coming. (Untuk konser besok) Saya ingin menunjukkan perasaan saya, saya ingin memiliki penampilan
yang hebat. So please, enjoy!”

Kemudian, sesi pertanyaan media lalu dimulai. Ia ditanya tentang kemungkinan kolaborasi dengan musisi lain untuk konsernya besok, yang kemudian dijawab dengan, “Tidak ada. Besok saya akan bermain solo. Tetapi, saya juga akan bermain dengan ukulele, jadi, semoga kalian suka.”

Disamping itu, rupanya media-media yang datang telah aware dengan kesukaannya pada musisi-musisi keluaran YG Entertainment seperti BIGBANG dan 2NE1. Ketika ditanya adakah keinginan untuk masuk YG, ia berkata “Mungkin, jika ada kesempatan, saya bakal bergabung dengan mereka.
Tetapi saya masih tidak pasti dengan itu,” ungkapnya, yang ternyata telah dikenal oleh presiden dari YG Entertainment sendiri. “Tetapi untuk tahun depan, ada kemungkinan untuk bekerjasama dengan 2NE1.”

“Kotaro Oshio, seorang gitaris asal Jepang, dengan lagunya, Twilight, adalah
salah satu inspirasi terbesar saya,” terangnya ketika ditanya tentang musisi favorit. “Tetapi, saya juga sangat suka dengan BIGBANG, dan saya ingin suatu saat berkolaborasi dengan mereka secara utuh.”

Konferensi pers “Sungha Jung Live in Bandung” kemudian ditutup dengan pembukaan simbolis konsernya untuk hari Minggu yang akan datang. Disini, Sungha, Aji dari Siete Café dan Ridho dari Mahana Live kemudian bermain angklung yang membuat para media mengabadikan momen ini secara serentak.

Selamat datang di Bandung, Sungha Jung!


Concert

Meski baru dimulai tepatnya pada jam 19:00 WIB, tetapi arena Hotel Horison sudah dipenuhi oleh penonton yang antusias dengan kedatangan gitaris muda ini sejak jam dua hingga tiga jam sebelum acara. Penonton dengan rapi berdiri membentuk barisan yang memanjang sampai beberapa meter ke belakang. Yup, inilah euphoria yang mampu dihadirkan oleh musisi muda kelahiran tahun 1996, Sungha Jung! Berbekal dengan gitar dan videonya yang tersebar di Youtube, ia sudah mampu menarik perhatian berbagai kalangan internasional dengan talentanya dalam bermain freestyle acoustic yang satu ini.

Pintu dibuka sekitar pukul 18:00 WIB, dengan Sungha naik ke atas panggung pada 18:54 WIB. Sebagai pembuka, ia mengucapkan, “Apa kabar? Kumaha damang?” yang serentak mampu membuat sejumlah penonton wanita histeris dibuatnya. Konser lalu dimulai dengan ia membawakan lagu orisinalnya yang berjudul Irony. Seketika, penonton yang mendengar seakan terhipnotis untuk mendengar lagu tersebut lebih dalam. Payphone kemudian disajikan sebagai lagu kedua, yang membuat beberapa penonton turut bernyanyi mengikuti petikan gitarnya. Seakan tidak berhenti untuk memanjakan penggemarnya yang juga penikmat K-Pop, ia lalu membawakan lagu Lonely milik 2NE1 dan Monster dari BIGBANG secara berurutan. Jelas, penonton yang ada kemudian ikut sing along sepanjang lagu dimainkan.

Selanjutnya, Nostalgia, lagu orisinal yang akan dihadirkan pada album ketiganya,
dibawakan, yang dilanjutkan dengan Geek In The Pink, My Favourite Things, dan satu lagu lainnya. Setelah berlangsung selama 40 menit, sesi pertama ditutup yang kemudian dilanjutkan dengan pembagian empat CD Sungha Jung bertandatangan asli kepada para penonton yang menjawab pertanyaan dengan benar.Semangat yang menggebu membuat sejumlah penonton kerap berteriak, “Oppa, saranghae!” dan membuat Sungha beberapa kali terlihat tersipu malu. Segala gerak-gerik Sungha memicu teriakan histeris beberapa penonton, dari mulai saat membetulkan poni hingga ketika ia hampir menabrak mic yang berada tepat di
wajahnya (hihi!). Tetapi, karena itu jugalah, Sungha meminta penontonnya untuk tidak ikut bernyanyi atau berkomentar sepanjang ia bermain karena ia takut hal itu akan membuat penonton lain merasa terganggu. Di akhir sesi pertama, Ms. Dee, sebagai manajer dari Sungha juga mengutarakan hal yang sama agar penonton lebih menghargai permainan Sungha dengan tidak membuat keributan selama acara.

Pada 19:55 WIB, sesi kedua dimulai. Dengan ukulele, ia memainkan lagu Somebody That I Used To Know milik Gotye dan Super Mario Theme secara begantian. Setelah itu, ia kembali dengan gitarnya dan membawakan lagu milik Jason Mraz yang berjudul I’m Yours. Setlist lagu memang hampir sama dengan yang dibawakannya di Jakarta, namun yang berbeda disini adalah ia membawakan lagu G-Dragon yang berjudul That XX. Spontan, seluruh wanita semakin histeris ketika nada pertama dibunyikan. Setelah pemberitahuan tadi, kali ini para penonton dengan khidmat mendengarkan lagu ketimbang turut bernyanyi seperti yang dilakukan saat lagu-lagu K-Pop sebelumnya diputar.

Empat lagu berikutnya yang dibawakan menuju penghujung konser adalah Friend, Kuchuu Sanpo dari Howl’s Moving Castle, OST Phantom of the Opera, dan Freight Train. Setelah menyatakan terimakasih atas kehadiran para penonton dan sempat kembali ke belakang panggung—yang disambut dengan teriakan histeris penonton yang meminta encore—Sungha kembali dengan lagu terakhirnya, Guitar Boogie. Kali ini, setelah bermain selama kurang lebih 90 menit dan berakhir sekitar pukul 21:00 WIB, sambil menundukkan badan dan melambaikan tangan, Sungha benar-benar mengakhiri konsernya di Kota
Kembang tersebut.

Terimakasih Sungha, dan juga buat Mahana Live selaku promotor ! Sungguh pengalaman yang menyenangkan untuk melihat aksi panggungmu secara langsung di Bandung! Semoga saja, ia benar-benar akan kembali ke Indonesia tahun depan dalam rangka promo tur album terbarunya!

Untuk foto2 lengkap Sungha Jung di Bandung click disini
(Natya Sekar)
Photo by Adryana
Special Thanks to Mahana Live